Resep Jamu Kunyit Asam yang Sehat dan Berkhasiat

No Comments
Resep Jamu Kunyit Asam yang Sehat dan Berkhasiat  - Ulas Resep kali ini akan membuat resep jamu tradisional yang telah populer di segala penjuru Nusantara. Penduduk Indonesia pasti telah tak asing dgn bentuk, rasa dan bau segar dari jamu ini. Jamu ini ternama sebagai Jamu Kunyit Asam yang jikalau di wilayah Jawa bernama Jamu Kunir Asam dikarenakan tebuat dari perasan kunyit/ kunir yang sudah di parut dan asem segar.

Dari lalu sampai kini jamu kunyit asam begitu mudah dijumpai di Indonesia khususnya Jawa. Ada beraneka ragam macam nama area bakul jamu dari yang keliling sampai yang ada di toko herbal. Dulu jamu tradisional seperti ini adanya seandainya di sekitar kompleks rumah ada ibu-ibu jual jamu gendong bersama beraneka macam jamu yang digendongnya, bakul memanfaatkan pakaian kebaya sederhana.

Uniknya waktu ini ini jamu tradisional salah satunya Jamu Kunyit Asam sudah jadi perhatian pabrik-pabrik obat dan jamu herbal, maka tidak heran jikalau saat ini telah tidak sedikit jamu kunyit asam dalam wujud bubuk instan dan minuman botol jamu kunyit asam.

Terkecuali enak dan segar, nyata-nyatanya jamu kunyit asam mempunyai segudang manfaat terutama bagi para perempuan. Berdasarkan penelitian ilmiah kunyit mengandung curcuminoid. Senyawa ini efektif menopang dan menjaga kecantikan pula menghaluskan kulit, pula mengurangi bau tubuh tak sedap, menjaga badan biar masihlah langsing, dan memperlancar haid.

Terkecuali itu Jamu kunir asem ini berkhasiat buat melancarkan dan mengurangi bau tak sedap waktu datang bulan dan mengatur sirkulasi musim datang bulan biar rutin, diluar itu sanggup menciptakan wajah jadi segar dan tak kusam, teramat baik dimakan untuk remaja putri.

Kunyit dan Asam jika dimakan bersamaan, dapat mempunyai khasiat yang lebih tidak sedikit. Khasiat tersebut seperti menjaga kulit, menghilangkan sakit diwaktu haid, mengurangi rasa nyeri dikala haid, memperlancar haid,dan mampu melangsingkan badan apabila di minum cocok panduan.

Nah, kali ini kami dapat memberikan resep tradisional trick menciptakan jamu kunir asem tersebut, bila menciptakan sendiri kita dapat pilih bahan yang memang lah baik dan alami, supaya meraih khasiat yang maksimal.


Bahan Resep Jamu Kunyit Asam yang Sehat dan Berkhasiat
  1. Kunir asem yang tua, 1 kg dikupas dan dicuci bersih
  2. Asam kawak, 1/4 kg buang bijinya
  3. Gula aren atau gula jawa, 1/2 kg
  4. Jeruk nipis tua, 5 biji ambil airnya
  5. Garam dapur, 1/4 sendok teh
  6. Air matang, 20 gelas
Cara Pembuatan Resep Jamu Kunyit Asam yang Sehat dan Berkhasiat
  1. Pertama-tama, kunir yang telah dikupas setelah itu ditumbuk hingga memang lah halus dan lembut, seterusnya tambahkan air matang 17 gelas sambil diaduk-aduk.
  2. Selanjutnya peras dan disaring kunir tadi.
  3. Larutkan gula aren atau gula jawa tadi bersama asam kawak dengan 3 gelas air sampai tercampur rata
  4. Tambahkan campuran asam kawak dan gula aren dengan perasan kunir tadi dan aduk, dikala mengaduk tambahkan garam dan air jeruk nipis sampai tercampur, seterusnya baru disaring ulang.
  5. Saran penyajian untuk 20 gelas.
Aturan Minum Resep Jamu Kunyit Asam yang Sehat dan Berkhasiat
  1. Buat perempuan dewasa yang sedang datang bulan 1x sehari 1 gelas tak boleh lebih dari satu pekan
  2. Buat menjaga kesehatan diminum 1 pekan sekali 1 gelas