Resep Bumbu Ayam Bakar Solo yang Lezat dan Nikmat

No Comments
Resep Bumbu Ayam Bakar Solo yang Lezat dan Nikmat - Siapa yang tidak kenal bersama Ayam Bakar Wong Solo? Kelezatan kuliner nusantara yang satu ini benar-benar telah tidak sedikit dikenal oleh orang Indonesia dikarenakan citarasa yang khas Solo banget. Tidak heran apabila menu ayam bakar ini tidak sedikit diburu oleh kalangan penggemar kuliner.

Apabila dipandang dari bahan dan bumbunya, proses dan trik untuk menciptakan ayam bakar wong solo ini tidaklah terlampaui susah, Kamu serta mampu mencobanya sendiri dirumah.




Bahan Baku Resep Bumbu Ayam Bakar Solo yang Lezat dan Nikmat
  1. 1 ekor ayam pedaging/ayam kampung, potong2 jadi 6 bidang
  2. 500 ml air kelapa yang diambil dari 1 buah kelapa lanjut usia
  3. 2 btg sereh, dimemarkan
  4. 10 sendk mkn kecap manis
  5. 4 centimeter lengkuas, gemperek memar
  6. 1 sendk mkn air asam jawa
  7. 4 lembr daun salam
  8. 35 g gula merah
Bumbu Rahasia Resep Bumbu Ayam Bakar Solo yang Lezat dan Nikmat
  1. 5 siung bawang putih, kupas kulitnya
  2. 12 butr bawang merah, kelupas kulitnya
  3. 6 butr kemiri
  4. 1/4 sendk teh jinten
  5. 1 sendk teh ketumbar
  6. 4 senti meter kunyit
  7. 3 senti meter jahe
  8. 1/2 sendk mkn garam
Cara Pembuatan Resep Bumbu Ayam Bakar Solo yang Lezat dan Nikmat
  1. Tumislah seluruh bumbu halus khas ayam bakar wong solo. Jgn lupan masukkan serta batang sereh, lengkuas dan daun salam hingga bahan bumbu rahasia menimbulkan aroma sedap.
  2. Seandainya tumisan bumbu telah siap , kemudian masukkanlah potongan-potongan ayam tadi sembari diaduk supaya bumbu tercampur. Tambahkan air asam jawa, kecap dan pula gula merah, aduk2. Janganlah hingga ketinggalan, air kelapa dimasukkan pula ya? Masak tetap potongan-potongan hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat, pisahkan potongan ayamnya dari kuahnya. Nantinya kuah ayam tadi dapat dipakai juga sebagai bahan bumbu bakar.
  3. Langkah paling akhir merupakan bakar ayam yang telah dimasak tadi memanfaatkan bara api hingga daging ayam jadi beralih warna cokelat. Angkat dan baluri potongan ayam bersama kuah yang telah dipisahkan tadi. Bakar kembali matang dan bumbu meresap.
  4. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan lalapan sehat.